Pengunaan Fitur Autotrace

Salam hangat untuk para user SOLIDWORKS Indonesia, Pada kesempatan ini saya mau
membahas mengenai fitur Autotrace .Fitur Autotrace mampu membuat sketsa atau skect dari image atau tampilan foto/gambar. Fitur ini dapat membaca suatu image dan menjadikan image tersebut menjadi suatu sketsa garis.

Fitur Autotrace ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis melacak gambar berdasarkan area atau warna dan membuat data vector. Untuk pengunaan fitur Autotrace nya sebagai berikut:

Langkah 1.

Dengan mengaktifkan add-in Autotrace. Untuk melakukan ini, cukup buka Tools> Add-Ins atau
buka akses menu Add-Ins dari drop-down pilihan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 2 .

Di kotak dialog Add-in, pastikan bahwa kotak di sebelah kiri Autotrace dicentang. Jika ini adalah fungsi yang akan sering Anda gunakan, Anda juga dapat mencentang kotak di sebelah kanan untuk secara otomatis mengaktifkan add-in ini saat Anda memulai SOLIDWORKS.

Langkah 3 .

Buat bagian baru (atau buka bagian yang sudah ada) dan buat sketsa di plane atau bidang di mana Anda ingin melacak gambar,atau memilih plane dan meganktifkan Sebagai contoh dibawah ini saya memilih Top Plane.

Langkah 4 .

Masukkan Gambar Sketsa dari Tools > Sketch Tools > Sketch Picture ' dan ubah ukuran seperlunya dari manajer properti. Catatan: Fitur ini berfungsi paling baik dengan gambar kontras tinggi.

Langkah 5 .

Setelah mengubah ukuran image dengan manajer property lalu klik next

Langkah 6 .

Gunakan alat seleksi untuk menentukan geometri yang ingin Anda lacak, Untuk melacak logo ADS, gunakan select “use to select color” dan klik Begin trace.

Langkah 7 .

Ubah pengaturan pada Adjustments sampai Anda puas dengan pratinjau sketsa yang ditunjukkan di area grafis lalu klik “Apply” dan klik OK

Langkah 8 .

lalu tampilan sketsa garis pada image juga akan tampak,selanjut nya ,garis dapat kita emboss, extrude, dll.

Tampak hasil nya seperti dibawah ini setelah sketsa garis pada image di extrude

Demikian tips & tricks mengenai cara pengunaan fitur Autotrace pada SOLIDWORKS. Semoga dapat bermanfaat untuk aktivitas desain Anda.

Terimakasih

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.