logo

Semakin sering kita menggunakan satu program, semakin mahir kita menggunakannya. Jika itu menyangkut pekerjaan kita sehari-hari, maka kita akan semakin dituntut untuk bisa lebih cepat dan tepat menyelesaikan pekerjaan menggunakan program tersebut. Demikian juga bagi kita yang berprofesi sebagai desainer, kita juga dapat menjadi mahir dengan program desain kita. Sebagai pengguna SolidWorks yang terkadang dituntut untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat, saya ingin sedikit sharetentang tips mahir menggunakan SolidWorks.

Tips Desain dan Menggambar Cepat dengan SolidWorks

Ini mungkin juga berlaku pada software lain. Setiap software mempunyai shortcut keys atau hotkeys yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah tertentu di sebuah program. Dan umumnya perintah-perintah tersebut dapat diatur sendiri sesuai dengan keinginan kita. Artinya dengan menekan satu atau dua tombol di keyboard dapat menjalankan perintah yang harus dipilih dengan menggeser kursor mouseuntuk kondisi biasa.

gambar 01

Menggambar dan mendesain dapat menjadi cepat jika kita dapat mengoptimalkan shortcut keys ini. Menekan satu dua tombol di keyboard jauh lebih cepat dibandingkan jika kita menggeser pointer mouse pada ikon atau menu di layar. Jadi tangan kanan kita gunakan untuk menggeser mouse, dan tangan kiri kita gunakan untuk menekan shortcut keys di keyboard (untuk yang bukan kidal). Bahkan untuk mereka yang benar-benar mahir, pergerakan mouse benar-benar sedikit, hanya untuk memilih part surface atau edge, zooming, pan dan view orienting.

Cara Mengatur Shortcut Keys di SolidWorks

Sebenarnya SolidWorks sudah memberikan banyak shortcut keys untuk beberapa perintah. Sebagai contoh tombol “L” saat kita melakukan drawing, perintah yang keluar adalah membuat garis lurus atau line. Namun masih banyak lagi perintah yang mungkin sangat umum kita gunakan tetapi tidak memiliki shortcut keys, seperti perintah memberikan dimensi (smart dimension), mengetahui jarak atau dimensi (measure), mating part dengan part lain di assembly, dan lain-lain. Jadi, perlu kita atur agar shortcut keyssesuai dengan perintah yang kita inginkan.

Sebagai contoh pertama cara mengatur shortcut keys ini, saya ambil perintah measure (perintah untuk mengetahui jarak atau dimensi pada file part dan assembly). Pilih “Tools” di menu utama SolidWorks. Lalu pilih menu “Customize…”, seperti ilustrasi berikut.

gambar 02

Lalu akan tampil window baru “Customize”, dengan pilihan-pilihan tab Toolbars, Commands, Menus, Keyboard, Mouse Gestures, dan Option, seperti ilustrasi berikut.

gambar 03

Di antara pilihan tab tersebut, pilih “Keyboard” untuk memulai mengatur shortcut keys. Tampilan layar menjadi berikut.

gambar 04

Jika kita ingin mengatur atau mengetahui shortcut keys dari perintah measure, masukkan kata measure pada isian “Search for“. Dari ilustrasi berikut, tampak perintah measure belum mempunyai shortcut keys.

gambar 05

Beri shortcut key untuk perintah measure dengan tombol “M”. Arahkan kursor pada isian kolom “Shortcut(s)”, lalu ketik “M”.

gambar 06

Pada tab yang sama, isi Search for dengan perintah lain, mate. Dari ilustrasi berikut, tampak bahwa perintah mate tidak memiliki shortcut keys. Selain itu, ada cukup banyak perintah yang memiliki bagian kata mate. Kita pilih salah satu di antaranya yang sering kita gunakan, perintah mate katagori insert.

gambar 07

Arahkan kursor pada kolom isi “Shortcut(s)”, lalu isi dengan menekan tombol “M”. Karena tombol “M” sudah digunakan untuk perintah measure, maka akan muncul window tawaran apakah tombol “M” akan diganti sebagai shortcut keys perintahmate atau tidak.

gambar 08

Jika kita tidak menginginkan penggantian tersebut, pilih “No”. Isi kolom isian “Shortcut(s)” perintah insert-mate dengan tombol lain sampai tidak tampilwindowseperti di atas. Kita pilih tombol “N”.

gambar 09

Jika pengaturan “Customize” ini selesai, klik “OK” pada bagian bawah. Dari pilihan menu tampilan SolidWorks, sebenarnya kita dapat mengetahui shortcut keys yang digunakan perintah tertentu. Caranya, dengan mengarahkan kursor pada menu tertentu, lalu akan keluar balon kata yang berisi deskripsi perintah dan shortcut keys yang digunakan. Seperti perintah “measure” pada menu “Evaluate” yang sudah kita buat pertama kali.

gambar 10

Atau perintah “mate” pada menu “Assembly” yang kita buat terakhir.

gambar 11

Lakukan juga pada perintah-perintah lain yang sering kita gunakan selama mendesain atau menggambar menggunakan SolidWorks. Dan ingat tangan kiri aktif menekan shortcut keys pada keyboard, dan tangan kanan aktif memainkan mouse.

Demikian Tutorial  Solidworks dan Tips & Tricks kali ini, semoga bermanfaat. baca juga pemilihan part transparan pada solidworks

Warm Regards,

Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia
(Reseller Solidworks)

Share

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks