Pengenalan Surface dan Freeform Modeling di SolidWorks….!!!

Well…. semakin ke depan….perabot yg kita pakai sehari – hari bentukya semakin “stylist” tidak kotak – kotak….lihat saja desain mesin cuci misalnya…lekukan body nya semakin mak nyuss…. dulu bentuk tv jadul ya cuma kotak… dulu yg paling penting adalah fungsi…!!!! Betul…??? Nah sekarang tidak cukup…produk untuk makin disukai konsumen harus minimal 3F….Apa itu mas Nur…??? Fit – Form – Function…. !!!! Kalau jaman sekarang produk yg dikeluarkan masih kotak – kotak seperti 10 tahun yg lalu…yo sudah pasti gak ada yg ngelirik….!!! ya ini kita berbicara produk yg kita pakai di rumah sehari – hari…!!!!

Kembali lagi ke topik awal….Sekarang teknologi membantu mempermudah desainer consumer produk untuk membuat 3D model makin cepat dan mudah…..!!!! SolidWorks memiliki cukup banyak fitur yg bisa digunakan untuk 3d modeling surface serta freefrom yg komplex…. Yuk kita cek gambar di bawah ini….!!!!

2011-12-23_1750

Cukup jelas ditampilkan di atas fitur seperti Loft, Boundary, Sweep dsb….Misalnya untuk bentuk – bentuk dengan dasar beberapa profile sketch yg berbeda…akan lebih mudah untuk kita bentuk dgn Loft…. untuk menutup beberapa edges akan lebih mudah menggunakan Fill Surface… Semoga di lain waktu bisa coba untuk membahas fiturnya satu persatu…!!!!

xbox-controller-mbiasotti_c61ca579530f46277553a057193cb836

Last…SolidWorks memiliki berbagai macam fitur yg cukup komplit untuk kita ajak modeling complex surface…. tentunya alat hanya akan maksimal jika disertai dgn pengguna yg tahu cara pakainya dan pengalaman mengenai benda yg akan dimodel kan menjadi 3D….!!!! Semoga solidworks tutorial kali ini bisa berguna bagi nusa dan bangsa 😛

“PT. Arisma Data Setia – Reseller Resmi SolidWorks di Indonesia sejak 1996”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.