Tahukah anda pada Software CAMWorks kita bisa menentukan Stock Manager untuk proses pembuatan program CAM’nya ? Dengan adanya feature Stock Manager akan sangat membantu programer dalam pembuatan programnya ,antara lain :
camworks

1. Programmer bisa memasukan jenis material apa yang akan di proses di situ secara otomatis nantinya akan berpengaruh terhadap federate serta RPM pada program karena di dalam default CAMWorks sudah dilengkapi dengan daftar library dari material yang sering di gunakan pada dunia manufacturing.

2. Programmer bisa memasukan besaran dimensi raw material benda kerja yang akan di proses sehingga membantu programmer menentukan parameter lead in/out pada programnya dan bisa di analisa melalui simulasi toolpath

Pada CAMWorks terdapat 4 cara untuk menentukan Stock Manager antara lain :

1. Bounding Box

Menentukan Stock Material dengan Bounding Box, pada CAMWorks akan secara otomatis membentuk sebuah stock segi 4 (kubus/balok) dengan mendeteksi bagian terluar dari sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z. Serta bisa juga kita berikan allowance dari ketiga sumbu tersebut dengan cara menginput besaran dimensinya serta dapat kita set sebagai default . Serta pada bagian bawah sudah ada kalkulasi dari sumbu X, sumbu Y, maupun sumbu Z dari settingan kebutuhan materialnya.
camworks
2. Extruded Sketch

Dengan cara membuat sketch pada gambar CAD bisa langsung kita gunakan untuk membuat Stock Manager dari program CAM. Sketch yang sudah kita buat pada CAD tadi bisa langsung kita Extruded pada menu Stock Manager pada type Extruded Sketch dan kita bisa memilih type extruded yang akan kita gunakan (antara lain; Blind, Offset Face, Offset Vertex, Ref Plane). Sama seperti type bounding box, Extruded Sketch sudah terdapat kalkulasi dari sumbu X, sumbu Y, maupun sumbu Z dari settingan kebutuhan materialnya.
camworks 3
3. STL File

Pada kasus tertentu dalam import dari gambar CAD ke pembuatan program CAM kita sering mendapati kasus 3D CAD masih dalam format file STL. Salah satu type yang terdapat pada Setting Stock Manager pada CAMWorks bisa langsung import file dari STL. Kita bisa browse dimana file STL itu di simpan untuk kita jadikan Stock Material dalam pembuatan program CAM.
camworks 4
4. Part File

Terintegrasinya SOLIDWORKS dengan CAMWorks dalam satu interface tentunya menjadikan nilai tambah tersendiri. Salah satunya yaitu pada options type Stock Manger kita bisa imprort file part yang sudah kita buat untuk kita jadikan sebagai settingan stock material dalam pembuatan program CAM.
camworks 5
Demikian cara-cara untuk menentukan Stock Manager pada CAMWorks, semoga dapat bermanfaat.
Dan apabila ada petanyaan mengenai CAMWorks bisa langsung melalui alamat email Arisma Data Setia info.solidworks@arismadata.com atau bisa langsung menghubungi nomor telpon Arisma Data Setia
di (62)21 – 2961 9225.

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks