Seminggu yang lalu (20 Oktober 2010) ada seminar SolidWorks 2011 Launch “From Idea to Result”. Saya dan teman saya dapat kesempatan untuk menghadiri acara tersebut. Seperti biasa kami harus berangkat kerja lebih awal dari biasanya, karena harus menghadapi kemacetan ibu kota Jakarta. Kebetulan hari itu ada demo memperingati satu tahun masa kerja SBY. Jakarta semakin macet (curahan hati.red).

baca juga : 2d dan 3d system design

Kembali ke acara seminar SolidWorks. Dimulai dari registrasi, sambutan, demo, makan siang, tanya jawab, kuis, dan penutup. Sehabis makan siang sempat mengobrol dengan salah satu dari tim teknisi acara tersebut. Dia mengatakan bahwa sekarang SolidWorks versi terbaru sudah tidak menyertakan piranti lunak untuk alat bantu gambar 2 dimensinya, yang sebelumnya ada DWGeditor. Yang lebih bagus lagi sekarang sudah ada Software 2D yang di gratiskan. DrafSight namanya, tim teknisi tersebut menyarankan agar saya memberitahukan informasi ini kepada atasan saya untuk meminta software tersebut ke pihak penyelenggara seminar SolidWorks. Sebenarnya bisa mengunduh sendiri dari situsnya, tapi tidak ada bandwitdh yang mencukupi. PT Arisma Data Setia selaku reseler resmi SolidWokrs, kebetulan juga menjadi mitra kerja di perusahaan tempat saya bekerja.

Di sesi tanya jawab saya sedikit iseng ketika dari perwakilan Solidwokrs, Mr. Gai Loh (kalau ndak salah tulis) bertanya kepada peserta seminar, “simtem operasi apa yang sekarang Anda gunakan?”. Mac? Ada yang mengangkat tangan, IPOD? Ndak ada, IPAD? Juga ndak satu pun yang mengangkat tangan. Kemudian saya menyeletuk “LINUX”, salah satu tim teknisi tersenyum memandangi saya. Yah, spendek yang saya tahu MAC sekarang sudah bisa untuk menggambar dengan AutoCAD, untuk Software 3D seperti SolidWorks ini (katanya) sedang dikembangkan. Untuk DraftSight sendiri masih Coming Soon for Linux.

DraftSight-Logo

Anda berminat mencoba DrafSight versi BETA untuk menggambar 2 dimensi layaknya Software sehebat AutoCAD?

Q: What will DraftSight run on?
A: It will run on Windows XP, Vista, and W7. A MAC and Linux version is planned for later this year. (Josh Spencer)

Referensi:
1. DraftSight: Free CAD software * for your DWG files
2. http://en.wikipedia.org/wiki/SolidWorks
3. DraftSight Indonesia

Share

Comments are closed

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks