Component Preview Window

Pada saat kita melakukan assembly, memasangkan komponen dengan mates antara komponen satu dengan komponen yang lainnya, terkadang kita kesulitan dalam memposisikan part atau sub assembly tersebut. Ketika sudah kita berikan satu mates pada part dengan komponen utama, posisi part tersebut akan susah untuk kita pilih face atau edge untuk kita berikan mates lagi. Problem tersebut terkadang sangat menganggu, karena proses mates pada assembly menjadi lebih lama.

Untuk mengatasi kendala tersebut, kita bisa menggunakan fitur Component Preview Window. Pada saat akan melakukan mates, kita klik pada part atau subassembly tersebut, lalu kita klik component Preview Window.

Setelah kita klik fitur tersebut, tampilan window dari graphic area SolidWorks akan terbagi menjadi 2, sebelah kiri menampilkan graphic area utama, sebelah kanan menampilkan preview part / subassembly yang akan kita mates.

Kita menambahkan mates dengan memilih face pada part / subassy di sebelah kiri, dan kita pilih face pada assy utama, tanpa ada kendala, karena posisi part atau assy utama bisa kita putar secara jendela terpisah.

Demikian weekly tips & trik untuk minggu ini, selamat mencoba. Untuk request materi weekly tips & trik yang lain, silakan email ke solidworks-support@arismadata.com .

 

LinkedInPinterestTumblrShare

Leave a Reply