Hai Smart Engineer,

Pada SOLIDWORKS, selain untuk kemampuan CAD yang cukup kuat, juga terdapat fitur untuk analisa CAE. Analisa CAE atau FEA yang umum dilakukan yaitu Analisa Statis dan juga Fatigue. Analisis kekuatan beban statis dan analisis kelelahan (fatigue) adalah dua metode yang digunakan dalam rekayasa struktur untuk memahami perilaku material dan struktur ketika terkena beban. Meskipun keduanya berfokus pada kekuatan material, mereka memiliki perbedaan mendasar dalam pendekatan dan aplikasi mereka.

Analisis kekuatan beban statis digunakan untuk memahami respons struktur terhadap beban konstan atau berubah secara lambat, yang dapat diukur dan diprediksi dengan baik. Metode ini memperhitungkan faktor keamanan terhadap beban maksimum yang mungkin terjadi dalam kondisi operasional. Dalam analisis statis, ketidakseimbangan kekuatan dan momen pada elemen struktur dihitung secara langsung, dan pengujian material biasanya dilakukan di bawah beban konstan.

Sementara itu, analisis kelelahan (fatigue analysis) berkaitan dengan respons struktur terhadap beban yang berulang atau variabel, seperti siklus beban yang terjadi berkali-kali selama masa operasi. Ini merupakan aspek penting dalam rekayasa struktur, terutama ketika berurusan dengan material logam yang rentan terhadap kerusakan akibat kelelahan. Analisis kelelahan memperhitungkan akumulasi kerusakan materi yang disebabkan oleh beban berulang dan perubahan tegangan pada material selama waktu.

Perbedaan utama antara kedua analisis ini terletak pada pemahaman terhadap perilaku struktur terhadap beban. Analisis kekuatan beban statis cenderung memberikan gambaran tentang bagaimana struktur akan berperilaku di bawah beban maksimum yang terjadi pada saat tertentu, sementara analisis kelelahan memberikan wawasan tentang bagaimana struktur akan berperilaku selama periode waktu yang panjang, menggambarkan kemungkinan kerusakan yang terjadi dari beban berulang.

Selain itu, dalam analisis kelelahan, perhatian diberikan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kelelahan material, seperti variasi tegangan, ketidakseimbangan beban, dan efek lingkungan seperti korosi. Di sisi lain, analisis kekuatan beban statis cenderung lebih fokus pada menentukan kekuatan maksimum yang dibutuhkan oleh struktur dalam kondisi tertentu.

Dalam praktiknya, kedua jenis analisis ini sering digunakan bersama-sama untuk memastikan keamanan dan kinerja struktur dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan memahami perbedaan antara analisis kekuatan beban statis dan analisis kelelahan, insinyur dapat merancang struktur yang lebih andal dan tahan lama.

Kami, PT Arisma Data Setia selaku reseller pertama SOLIDWORKS di Indonesia, menyediakan SOLIDWORKS 2024 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari SOLIDWORKS Desktop, Cloud dan berbagai tipe lisensi yang fleksibel untuk membantu berjalannya project di perusahaan Anda. Selain itu kami juga menyediakan Training SOLIDWORKS yang bisa membantu Anda untuk upgrade skill dan mendapatkan sertifikasi SOLIDWORKS secara Internasional.

Untuk harga terbaik SOLIDWORKS 2024 dan Role 3DExperience yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan hubungi tim kami di email ke info.solidworks@arismadata.com    atau chat WA ke 0813 5000 4156 https://wa.me/message/BGM2OOKP3Z3KG1

Share

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks