Halo sobat SolidWorks User Indonesia. . .Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik – baik saja, Tutorial SolidWorks kali ini akan memberikan tips n tricks untuk membuat bentukan surface seperti gambar dibawah.

Bagaimana menurut anda?? menarikkan. . .

Mau tau cara membuatnya??? yuukk ikuti langkah –langkah dibawah ini

  1. Buat 2 Plane barudenganmenggunakan Front Plane sebagaiReferensiUtama, misalsayamembuat Plane 1 denganjarak 130 mm dan Plane 2 denganjarak 15 mm.

2.  Setelah itu buat Sketch seperti pada gambar dibawah dengan Sketch Plane yaitu Top Plane, Sketch ini akan menjadi jalurnya.

3. Buat Sketch Profile 1 pada Plane 1 menggunakan 3 Point Arc, contoh seperti pada gambar dibawah. Ada satu point yang diberi add relation ( Pierce ) terhubung dengan jalur yang telah dibuat sebelumnya.

4. Buat Sketch Profile 2 pada Plane 2, contoh seperti pada gambar dibawah menggunakan 3 Point Arc. Dengan cara yang sama, ada satu point yang diberi add relation ( Pierce ) terhubung dengan jalur yang telah dibuat sebelumnya.

5. Buat bentuk lengkukannya dengan menggunakan fitur Lofted Surface, dengan memilih kedua profile yang telah dibuat. Contoh sebagai berikut.

6. Buat Sketch Profile seperti pada gambar dibawah, setelah itu gunakan Extruded Surface dengan pengaturan seperti pada gambar dibawah. Nantinyabentukantersebut akan memotong lengkukan yang telah dibuat,  sehingga bagian ujung-ujungnya membentuk lingkaran.

7. Setelah dibuat bentukan extruded, lalu gunakan Trim Surface untuk memotong bagian dari bentuk lengkukan yang sudah dibuat. Face yang berwarna ungu yaitu face yang tidakdihilangkan.

8. Setelah itu gunakan Circular Pattern untuk memperbanyak bentuk lengkukan tersebut sehingga menjadi seperti gambar dibawah.

9. Lalu Hide bentuk extruded lingkaran yang sebelumnya digunakan sebagai pemotong surface.

10. Setelah itu gunakan Knit Surface untuk menyatukan beberapa surface yang telah jadi.

11. Buat ketebalannya dengan menggunakan Thicken.

Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana sobat SolidWorks User Indonesia? mudahkan cara membuatnya. . .

Demikian Tips n Tricks kali ini, semoga bermanfaat untuk pengguna SolidWorks semua.

Selamat mencoba. . .God Bless,

 

Technical Support

Yohanes

 

 

 

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks