Tutorial SolidWorks Indonesia : Editing surface model di SolidWorks–Delete Hole…. !!!!!

Well…. salah satu fitur “tersembunyi” di SolidWorks yg dari dulu menjadi idola saya adalah Delete Hole…!!!!! Fitur apa ini…???? Kadang saat kita menerima gambar produk jadi dari pelanggan sudah berupa 3D surface model….ada yg dari Iges atau step misalnya….!!!! Kalau di bidang Die Design membuat bentuk punch dan die sudah menjadi kerjaan setiap hari…. Pada model 3D surface yg kita terima…. ada lubang yg biasanya perlu kita tutup dulu sebelum kita gunakan untuk membentu punch dan die….!!!! Di bawah in misalnya….!!!!

Terlihat pada model di atas ada beberapa lubang yg perlu ditutup…. cara manual ya misalnya menggunakan fill surface….. Pada situasi ini…perlu kita coba dulu menggunakan “Delete Hole”…..!!!!! Ini contohnya….

Klik kanan ( RMB ) pada salah satu edge dari lubang….pilih Select Open Loop…..!!!! Kemudian RMB lagi…pada bagian Edge….klik Delete….!!!!

2011-12-10_1728

2011-12-10_1716

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasilnya bisa kita lihat di bawah ini….!!!!!

2011-12-10_1716_001

Last….fitur ini pada kondisi yg “komplex” belum tentu bisa berfungsi…Tapi pada tahap awal ada baiknya untuk mencoba menggunakan fitur ini dulu….!!!!! Semoga berguna…. !!!!

 

“PT. Arisma Data Setia – Reseller Resmi SolidWorks di Indonesia sejak 1996”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.