featured terbaru dari SolidWorks 2013 – conics

Author : Saiful A.

Terkadang kita dihadapkan pada kesulitan dalam membuat ellips atau parabola, yaitu kita tidak bisa membuat ellips atau parabola tersebut berdasarkan endpoint dari geometry. Sehingga ellips atau parabola yang kita buat tidak dapat bersinggungan / tangent terhadap entities sketch yang sudah ada.

  Nah, salah satu featured terbaru dari SolidWorks 2013 yaitu kemampuan geometry untuk membuat conics di dalam sketch.

Berikut adalah proses bagaimana terjadinya beberapa kurva.

image011

image013 Manfaat dari conics adalah kemudahan dalam mengontrol bentuk. Seperti pada semua sketch entities, dan juga seperti Anda membuat conics tersebut, Anda dapat membuat relations secara tangent dan kemudian secara dinamis Anda dapat menarik kurva agar sesuai dengan profil yang akan Anda cari.

Kita juga bisa langsung mengontrol type conics tersebut melalui nilai rho, yaitu seperti cara yang sama ketika kita memberikan ukuran radius/jari-jari pada lingkaran. Hal ini memberi Anda akses penuh ke semua jenis type conics, namun masih tetap dengan fleksibilitas untuk menyesuaikan kelengkungan untuk bentuk yang Anda cari.

Nah, dengan demikian, sekarang Anda dapat membuat design surface Anda lebih menarik dan lebih clean / smooth lagi dengan bantuan conics tersebut.

   Untuk tutorial lebih jelasnya bisa mengklik video di bawah ini

conics

Selamat Mencoba. baca juga cara efesiensi waktu desain dengan copy with mates

Warm Regards,

Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia
(reseller solidworks)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.