Variasi Background bisa di lakukan di SOLIDWORKS

Tutorial solidworks singkat kali ini kita akan membahas mengenai Custome Background di SOLIDWORKS. Dimana yang sering kita di gunakan untuk background saat ini berupa warna-warna yang sudah di sediakan di SOLIDWORKS, tetapi sebenarnya bisa kita lakukan custome background sesuai keinginan kita. Contohnya background ruangan tempat kerja , atau pemadangan atau mungkin yang lain. Disini tampilan background biasanya di SOLIDWORKS.

Custome Background di Options – Colors – Image file (.jpg .png dll file gambar) pada solidworks

Maka setelah di custome background nya seperti di bawah ini.

Share

membuat ketebalan, memotong dan merotate dengan pemilihan face

Tutorial solidworks basic kali ini akan membahas mengenai penggunaan Move Face yang di peruntukan membuat / menambahkan ketebalan, mengurangi atau merotate dengan hanya memilih face yang sudah ada tanpa membuat sketch terlebih dahulu. Feature ini bisa di gunakan di file SOLIDWORKS atau pun Imported file. Dari bentukan di bawah ini akan di rubah geometri nya hanya dengan memanfaatkan face nya.

Feature Move Face sendiri terletak di Direct Editing seperti di bawah ini.
Metode nya sendiri nanti ada 3 : Offset , Tranlate , Rotate

  1. Offset
    – pilih Face yang akan di tambahakan ketinggian atau ketebalan – dan berikan panjang berapa
    – Ceklis Flip direction apabila akan mengurangi /cutting dari face tadi
  1. Translate
    – pilih Face yang akan di tambahakan ketinggian atau ketebalan – dan berikan panjang berapa.
    – Parameter untuk metode arah ketebalan atau pemotongan Blind, Up to Vertex, Up to Surface, Offset
    from Surface, Up to Body.
    – Menentukan direction referensi Plane, Edge, Planar Face , Axis.
    – Menentukan panjang ketebalan nya berapa.
  1. Rotate (ini di gunakan untuk body surface)
    – Ceklis Copy apabila face mau di copy
    – Paramenter Axis sebagai pusat rotate
    – Parameter derajat kemiringan
    – Ceklis Flip direction untuk membalik arah kemiringan

Demikian tips & trick solidworks kali ini , semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Share

SOLIDWORKS xDesign – Design Guidance

Salam hangat untuk semua user SOLIDWORKS di seluruh Indonesia, bagaimana kabarnya?
Semoga selalu sehat dan tentunya aktifitas desain lebih inovatif dengan SOLIDWORKS.
Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang salah satu produk dari
SOLIDWORKS yang bernama SOLIDWORKS xDesign.

Saat ini tren yang berkembang saat ini adalah system cloud, tidak perlu melakukan
installasi tetapi cukup hanya mengakses file desain menggunakan web browser. Inilah hal
yang bisa anda dapatkan melalui SOLIDWORKS xDesign dari segi sketch, part, assembly,
dan lain – lain. Salah satu kehebatan yang kita dapatkan adalah dari fitur Design Guidance.
Pada gambar dibawah ini bisa anda lihat, xDesign memberikan beberapa panduan
tentang bagaimana merancang bracket untuk mobile camera. Kita dapat menempatkan
beberapa titik pemasangan yang diketahui dan beberapa ide tentang bagian beban yang ingin
ditahan.

Kemudian pada tahap selanjutnya, kita juga dapat memberikan beberapa obstacle atau
pembatas dari desain yang kita ingin buat. Bisa dilihat SOLIDWORKS xDesign dapat
membuat semacam perkiraan desain yang nantinya akan terjadi, dengan membentuk
semacam blok biru yang membentuk sebuah desain dari bracket untuk kamera tersebut.

Akhirnya, anda dapat menggunakan bentuk itu sebagai panduan dan bahkan hingga sampai membuat desain akhir yang anda inginkan.

Demikian sharing mengenai SOLIDWORKS xDesign, yang dapat mempermudah kita dalam
melalukan pekerjaan terlebih mengelola pekerjaan tersebut, dengan berbasis sistem cloud.

Terimakasih atas perhatian anda
Salam SOLIDWORKS

Share

Developing Shapes – 3DExperience

Di xShape, kita mulai dengan bentuk primitif. Ini adalah
perubahan paradigma dalam cara kita menciptakan bentuk yang
kompleks. Primitif ini pada dasarnya adalah sepotong tanah liat
yang dapat kita dorong dan tarik geometri dengan cepat dan
mudah. Kami memiliki kontrol eksplisit terhadap bentuk seta
menggunakan alat intuitif seperti menarik pada triad yang
berhubungan dengan tepi, permukaan, simpul dan dapat dengan
mudah beralih antara lengkungan campuran dan benda tajam.
Tidak perlu waktu berjam-jam untuk membuat campuran terbaik,
menghapus wajah dan merekonstruksi permukaan untuk
mendorong hal-hal seperti kontinuitas C1 atau C2.

Untuk bentuk sendok, saya pertama kali memasukkan kotak
primitive (sub-D). Seperti yang dapat Anda lihat dalam grafik, ada
berbagai bentuk yang dapat kita gunakan untuk memulai desain
kami.

Setelah dimasukkan, pengguna dapat mengontrol jumlah elemen
dalam tiga arah. Pikirkan spline 3D. Jika kami mencoba membuat
kurva persis seperti yang kami inginkan, kami menyisipkan titik
spline sehingga kami dapat memanipulasi besarnya dan arah titik
kontrol itu pada spline. Ini mirip dengan apa yang kami kerjakan
di sini. Dalam ruang 3D, permukaan yang dibagi memungkinkan
untuk kontrol terpisah di area tertentu dari kotak sub-D.

Setelah kami memasukkan kotak, maka kami dapat dengan
mudah bekerja dengan alat yang ada di xShape di kanan atas
aplikasi Ini membantu dalam mengontrol bentuk dari berbagai
perspektif geometri kami.

Saya telah mengedit satu sisi kotak, menggunakan sketch quick
align tool. Ini memungkinkan saya untuk menghasilkan tepi
konseptual dengan cepat. Saya dapat membuat sketsa di perintah
untuk memindahkan permukaan ke lokasi yang tepat yang saya
inginkan. Saya dapat terus mengedit bentuk itu sampai saya
mendapatkan kontur yang tepat yang saya inginkan.

Pengeditan lebih lanjut, dalam hal ini, dari tampilan sisi kanan
memungkinkan saya untuk mendapatkan sedikit bagian dasar
sendok sehingga saya dapat menghapus beberapa ketebalan
untuk mencapai sendok kami untuk sendok.

Ini bentuk akhirnya. Seperti yang Anda lihat, itu hanya beberapa
langkah untuk mendapatkan bentuk solid, kedap air dan padat
sehingga saya dapat mencetak di 3D Printer.

Pengeditan mudah dan alami. Setelah primitive/sub-D
dimasukkan, kami memiliki awal yang sangat baik. Pemodelan
subdivisi memungkinkan kita mengekstraksi mengerakan
permukaan dan tepi yang tepat dengan cara yang tidak
membutuhkan lebih dari sekadar ide.
Sekarang, kita dapat membuat bentuk yang keren dan kompleks
dengan cepat dan dalam beberapa menit, bukan beberapa hari
atau minggu. Para Engineer, perancang, dan pencipta sekarang
dapat membuat produk unik mereka sendiri tanpa latar belakang
yang melelahkan dalam desain industri. xShape telah
menghilangkan kecanggungan membuat produk-produk yang
menyenangkan secara estetika.

Share

Cara memanfaatkan appearances and display states dan menghindari masalah potensial

Penampilan dalam file bagian adalah cara terbaik untuk memberi “kehidupan” pada desain
kita; hidup yang berarti bagaimana bagian/parts akan terlihat setelah proses mesin, dipoles,
dicat, dll. Menggunakan penampilan dalam hubungannya dengan status tampilan dalam file
bagian memberikan pengguna kebebasan untuk menyampaikan desain yang sama dengan
penampilan yang berbeda semua dalam file bagian/parts yang sama. Namun, ketika bekerja
dengan fungsi-fungsi SOLIDWORKS ini, sangat penting untuk memverifikasi bahwa perubahan pada file bagian/parts disebarkan dengan benar ketika digunakan dalam tipe file lain (assembly atau drawing).

Pipa itu sendiri terbuat dari stainless steel, tetapi ada beberapa versi bagian ini yang
telah dicat agar sesuai dengan desain keseluruhan yang digunakan:

Ada beberapa tingkatan di mana penampilan dapat diterapkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Sekarang, penampilan yang diterapkan pada bagian ini ada pada level face. Ada beberapa
masalah potensial ketika menerapkan penampilan pada face individu bagian/part.
Yang pertama adalah bahwa ukuran file bagian bisa jauh lebih besar daripada jika
penampilan diterapkan pada feature atau part level. Ini terutama benar jika file bagian/part
memiliki geometri yang kompleks.
Masalah potensial lainnya adalah kondisi tampilan yang salah yang ditunjukkan dalam file
gambar. Perhatikan gambar awal:

Kita memiliki gambar standar dengan tampilan isometrik dan dua tampilan depan. Tampak
depan bawah digunakan untuk membuat tampilan bagian, menampilkan ketebalan dinding yang seragam.

Kita dapat melihat bahwa di dalam Section View PropertyManager, kondisi tampilan dalam
pratinjau tidak cocok dengan yang dari tampilan Depan yang merujuk.

Mengakses Section View PropertyManager setelah ditempatkan, keadaan tampilan yang dirujuk sudah benar. Tetapi representasi grafis tidak cocok. Ini dapat terjadi dengan semua jenis tampilan gambar yang menggunakan data dari tampilan yang ada (Tampilan Detail, Tampilan Bagian, Tampilan Bagian Rusak, dll.)
Sekarang, apa yang terjadi pada tampilan bagian yang sama yang diterapkan pada tampilan
depan yang sama, hanya kali ini dengan penampilan di tingkat bagian / badan / fitur? Kita
melihat perbedaan drastis dalam pratinjau dan hasil:

Kali ini, baik di pratinjau alat tampilan bagian dan setelah tampilan bagian ditempatkan, kondisi tampilan yang dirujuk dalam tampilan induk menyebar dengan benar ke tampilan yang dihasilkan. Kesimpulannya, tampilan bagian dan kondisi tampilan berguna dalam menyampaikan desain yang serupa semua dalam file bagian yang sama. Namun, ketika penampilan diterapkan pada face model, masalah potensial dapat muncul. Jika Anda ingin memanfaatkan penampilan dalam suatu bagian, terapkan pada feature / body/part level

Share

System Requirements SOLIDWORKS 2020

Berikut ini adalah detail mengenai rekomendasi hardware dan sistem untuk SOLIDWORKS 2020. Secara keseluruhan sistem baik hardware harus dirancang agar sesuai dengan software yang akan dioperasikan pada hardware tersebut. Kinerja optimal dari suatu software berpengaruh dari hardware dan sistem operasi yang digunakan pada media operasinya. Berikut rekomendasi system requirements untuk SOLIDWORKS 3D CAD:

Bagaimana dengan Minimum Requirements SOLIDWORKS?
Minimum system requirements bisa diakses dari link berikut: link.arismadata.com/SWRequirements


Sistem Operasi
SOLIDWORKS saat ini mendukung sistem operasi Windows® 10 Pro 64 bit dan Windows® 7 Sp1 64 bit. Namun untuk Windows® 7 hanya akan support sampai dengan versi SOLIDWORKS 2020 Service Pack 5. Untuk itu kami lebih merekomendasikan Windows® 10 Pro 64 bit.


Processor
Processor bekerja sebagai jembatan penghubung dan eksekutor dari berbagai perangkat seperti storage device, RAM, graphic card, piranti output ataupun input. Terutama untuk proses 3D design mengharuskan processor mampu mengolah data secara cepat. SOLIDWORKS merekomendasikan processor dengan kecepatan proses 3.3GHz atau lebih tinggi.


Storage yang Direkomendasikan
Kami merekomendasikan tipe SSD dikarenakan SSD memiliki kinerja 3 – 5 kali lebih cepat
dibandingkan dengan HDD. Harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan HDD, maka dari itu kami merekomendasikan SSD 240GB untuk sistem operasi dan software dipadukan dengan 500GB atau 1TB HDD untuk penyimpanan data pekerjaan.


Bagaimana dengan network drive/share folder?
Untuk kinerja optimal baik segi performance ataupun stabilitas software, kami
merekomendasikan local drive sebagai penyimpanan saat Anda bekerja. Namun jika perusahaan

Anda memaksa untuk menyimpan semua file kerja di dalam network drive, Anda bisa melakukan copy/duplicate project pada local drive Anda selanjutnya bisa Anda upload kembali ke network drive jika pekerjaan telah selesai. SOLIDWORKS PDM Professional menangani kendala tersebut secara baik. Sistem pada SOLIDWORKS PDM akan secara otomatis membuat local cache dan akan menyimpan secara synchronized dengan vault pada network system PDM. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan bekerja secara networked.

Graphic Card
Terdapat beberapa fitur pada SOLIDWORKS yang memerlukan graphic card dengan tipe
workstation. Seperti halnya RealView Graphic bisa digunakan jika Graphic Card officially
supported dan bertipe workstation. Performa grafik SOLIDWORKS seperti pan, move, and zoom akan sangat berpengaruh dari pemilihan graphic card. NVidia memiliki Quadro Series, dan AMD memiliki Radeon Pro Workstation series sebagai pilihan.

Kapasitas RAM

RAM berfungsi seperti “berapa program yang dapat saya jalankan dalam waktu yang
bermsamaan?”. Rekomendasi kapasitas RAM tergantung dari penggunaan SOLIDWORKS Anda. Seperti contohnya, jika Anda hanya menggunakan SOLIDWORKS sebagai basic mechanical design dengan komponen assembly kurang dari 500 komponen, kami merekomendasikan 16 GB RAM (tanpa komponen dengan surface yang kompleks). Jika Anda membuat desain dengan >1000 komponen dalam 1 assembly, kami merekomendasikan 24GB RAM atau 32GB RAM agar ruang kerja lebih lapang untuk multitasking.

Virtual Environment
Terdapat beberapa virtual environment yang didukung oleh SOLIDWORKS. Akes link di
SOLIDWORKS Virtual Environment Support untuk lebih jelasnya.
Bagaimana dengan Windows® Home Editions?
SOLIDWORKS tidak dapat digunakan pada Windows® Home Editions. Mungkin Anda bisa
menggunakan Windows® Home Editions untuk penggunaan SOLIDWORKS, namun
SOLIDWORKS tidak menjamin bahwa program dapat berjalan dengan baik di operating system Anda.

Share

Ada lubang dimodel anda ? Jangan khawatir SOLIDWORKS Plastics punya solusinya

Ketika berhadapan dengan pelanggan atau vendor yang berbeda,
Anda pasti akan menghadapi situasi di mana Anda perlu
mengimpor model dari perangkat lunak CAD lainnya. Dengan
kemajuan teknologi impor file, kadang dalam membuka model
ada yang baik adapun yang berlubang, Tetapi ada kalanya Anda
mendapatkan lubang pada model Anda. Ini bisa merepotkan
karena SOLIDWORKS Plastik membutuhkan Rongga Cetakan agar
kedap air.

Ini dapat diperbaiki dengan menggunakan alat pemodelan
SOLIDWORKS tetapi mungkin memerlukan beberapa teknik
surface. Untungnya, SOLIDWORKS Plastics menawarkan sejumlah
alat modifikasi yang memperbaiki model di level mesh, termasuk
algoritma Solid dan Shell meshing otomatis, di samping kontrol
manual yang lebih kuat.

Mulai analisis Plastik seperti biasa dan hasilkan mesh pada
SOLIDWORKS Plastics. Langkahnya Mesh akan memperingatkan
Anda jika mesh tidak tahan air/waterproof.

Auto Fill hole melakukan apa yang dikatakan dan secara otomatis
menemukan / mengisi lubang pada model. Ada kalanya Anda
mungkin ingin lebih mengontrol bagaimana lubang diisi, dan
untuk mengetahui di mana lubang itu berada. Dalam hal ini, pilih
opsi Fill Hole dan pilih Edit.

Menggunakan opsi “Fill Hole” memperperbaiki lubang dengan
memilih tepi yang disorot merah, namun, perbaikan
menghasilkan sel rasio aspek tinggi, dan akan membutuhkan
penyempurnaan lebih lanjut.

Dalam kasus model ini, “Fill One Triangle” terbukti menjadi pilihan
terbaik, menyediakan jaring yang paling seragam. Ini memberi kita
kendali penuh tentang bagaimana bentuk segitiga ditentukan.

Share