SD-WAN (Software-Defined Wide Area Networking) adalah sebuah teknologi jaringan yang memisahkan perangkat keras (hardware) dari mekanisme kontrolnya dengan memanfaatkan prinsip-prinsip jaringan terdefinisi oleh perangkat lunak (SDN). SD-WAN membantu menyederhanakan manajemen dan operasional Wide Area Network (WAN), terutama dalam konteks koneksi antar lokasi yang jauh.

WAN menggunakan tautan seperti peralihan label multiprotokol (MPLS), nirkabel, broadband, jaringan pribadi virtual (VPN) dan internet untuk memberikan pengguna di kantor cabang dan akses jarak jauh ke aplikasi, layanan, dan sumber daya perusahaan, sehingga memungkinkan mereka bekerja di mana pun lokasinya.

Hal ini memungkinkan organisasi untuk menghubungkan pengguna, aplikasi, dan data dengan aman di berbagai lokasi sekaligus memberikan peningkatan kinerja, keandalan, dan skalabilitas. SD-WAN juga menyederhanakan pengelolaan WAN dengan memberikan kontrol terpusat dan visibilitas ke seluruh jaringan.

CARA KERJA SD-WAN

SD-WAN adalah layanan virtual yang menghubungkan dan memperluas jaringan perusahaan melalui jarak geografis yang luas. WAN menggunakan tautan seperti peralihan label multiprotokol (MPLS), nirkabel, broadband, jaringan pribadi virtual (VPN) dan internet untuk memberikan pengguna di kantor cabang dan jarak jauh akses ke aplikasi, layanan, dan sumber daya perusahaan, sehingga memungkinkan mereka bekerja di mana pun lokasinya. SD-WAN juga memantau kinerja koneksi WAN dan mengatur lalu lintas dalam upaya menjaga kecepatan tinggi dan mengoptimalkan konektivitas.

WAN tradisional menggunakan router lama untuk menghubungkan pengguna jarak jauh ke aplikasi yang dihosting di pusat data. Router sebagian besar digerakkan oleh antarmuka baris perintah (CLI). Untuk menentukan di mana dan bagaimana data keluar dari jaringan cabang yang menggunakan WAN tradisional, teknisi dan administrator jaringan harus menulis aturan dan kebijakan secara manual. Prosedur seperti ini seringkali memakan waktu dan rawan kesalahan.

SD-WAN dirancang untuk memecahkan berbagai tantangan yang terkait dengan WAN tradisional, memungkinkan para profesional jaringan mendapatkan cara yang lebih sederhana untuk mengoptimalkan dan mengamankan konektivitas WAN. SD-WAN didasarkan pada perangkat lunak, bukan perangkat keras, dan dikonfigurasi untuk menangani berbagai jenis lalu lintas dan kondisi secara real-time. Ia dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan situasi dan menawarkan keamanan dan keandalan yang lebih baik dibandingkan WAN tradisional.

SD-WAN menggunakan bidang kendali terpusat untuk mengarahkan lalu lintas, memungkinkan administrator untuk menulis aturan dan kebijakan dan menyebarkannya ke seluruh jaringan sekaligus.

Kontrol dilepaskan dari perangkat keras untuk menyederhanakan manajemen jaringan dan meningkatkan penyampaian layanan. Peralatan SD-WAN mematuhi peraturan operasional yang diturunkan dari pengontrol SD-WAN pusat. Hal ini secara signifikan mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk mengelola gateway dan router secara individual.

Gateway SD-WAN mendukung WAN hybrid, artinya setiap peralatan cabang dapat mendukung banyak koneksi melalui berbagai sarana transportasi, seperti MPLS, internet broadband, LTE, dan sebagainya. Untuk alasan keamanan, jaringan pribadi virtual (VPN) biasanya dipasang di setiap koneksi WAN.

Dengan mengizinkan WAN untuk menggunakan berbagai jenis koneksi yang berbeda (termasuk LTE, MPLS, dan internet broadband) secara bergantian, bandwidth jaringan meningkat, begitu pula kinerja dan redundansi, sehingga memungkinkan pengelolaan dan administrasi terpusat. Manajemen gateway dan router individual akan sangat berkurang atau dihilangkan ketika kebijakan dan aturan operasional diturunkan ke seluruh jaringan pada saat yang bersamaan.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SD-WAN

SD-WAN (Software-Defined Wide Area Networking) menyediakan berbagai keuntungan yang dapat meningkatkan efisiensi, kinerja, dan fleksibilitas jaringan perusahaan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari SD-WAN:

1.       Peningkatan Efisiensi Pengelolaan:

SD-WAN memungkinkan pengelolaan jaringan yang lebih efisien melalui antarmuka sentral yang dapat mengontrol seluruh jaringan dari satu lokasi. Ini membuat konfigurasi, pemantauan, dan pemecahan masalah menjadi lebih mudah.

2.       Optimalisasi Lalu Lintas:

SD-WAN dapat secara dinamis memilih jalur lalu lintas yang optimal berdasarkan kondisi jaringan, memastikan ketersediaan dan kinerja aplikasi yang tinggi. Ini membantu mengatasi masalah latency dan packet loss.

3.       Pemilihan Jalur Multi-Path:

Memanfaatkan berbagai jenis koneksi, termasuk broadband, MPLS, dan LTE, SD-WAN dapat mengoptimalkan penggunaan bandwidth dengan merutekan lalu lintas melalui jalur terbaik berdasarkan kebutuhan aplikasi dan kebijakan.

4.       Fleksibilitas Koneksi:

SD-WAN memungkinkan penggunaan sumber daya jaringan yang fleksibel, termasuk cloud dan layanan berbasis SaaS (Software as a Service), dengan memberikan konektivitas langsung dan optimal ke aplikasi di cloud.

5.       Keamanan Terintegrasi:

Banyak solusi SD-WAN menyertakan fitur keamanan terintegrasi seperti enkripsi, firewall, dan deteksi ancaman. Hal ini membantu melindungi data dan aplikasi yang dikirim melalui jaringan.

6.       Penghematan Biaya:

Dengan memanfaatkan jalur yang lebih murah dan optimal, SD-WAN dapat membantu mengurangi biaya operasional jaringan. Penggunaan multiple jalur juga dapat mengurangi ketergantungan pada koneksi MPLS yang mahal.

7.       Skalabilitas yang Mudah:

SD-WAN mendukung skalabilitas yang mudah, memungkinkan organisasi untuk dengan cepat menyesuaikan jaringan mereka dengan pertumbuhan bisnis, menambahkan lokasi cabang baru, atau meningkatkan kapasitas sesuai kebutuhan.

8.       Pemulihan Bencana yang Cepat:

SD-WAN memungkinkan pemulihan bencana yang cepat dengan mengalihkan lalu lintas ke jalur yang lebih dapat diandalkan dalam kasus gangguan atau kegagalan koneksi.

9.       Optimalisasi Aplikasi:

SD-WAN memungkinkan prioritas dan optimalisasi lalu lintas untuk aplikasi tertentu. Ini memastikan bahwa aplikasi bisnis kritis mendapatkan kinerja yang diperlukan.

10.   Visibilitas dan Pemantauan:

SD-WAN memberikan visibilitas yang lebih baik ke dalam lalu lintas jaringan, memungkinkan administrator untuk melacak dan menganalisis kinerja jaringan dengan lebih baik.

Terkait keuntungan SD-WAN ini, PT Arisma Data dapat memberikan solusi yang kuat untuk organisasi yang menginginkan jaringan yang adaptif, efisien, dan aman untuk mendukung kebutuhan bisnis anda. Hubungi kami segera melalui WhatsApp ke 081280005969 atau email ke support@arismadata.com.

Follow social media kami sekarang untuk mendapatkan info update lainnya:

Instagram: arismadatasetia.official click here https://bit.ly/3U4iMJc (icon Instagram)

Facebook: Arisma Data Setia Offical click here https://bit.ly/3TZIz5v (icon Facebook)

LinkedIn: PT Arisma Data Setia (ADS)  Click here https://bit.ly/4b15KCg (icon Linkedin)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *