Apa itu SD-WAN?

SD-WAN (Software-Defined Wide Area Networking) adalah sebuah teknologi jaringan yang memisahkan perangkat keras (hardware) dari mekanisme kontrolnya dengan memanfaatkan prinsip-prinsip jaringan terdefinisi oleh perangkat lunak (SDN)

Cara Kerja SD-WAN

Secara singkat SD-WAN menggunakan protokol perutean yang sadar aplikasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi. Sebagian besar solusi SD-WAN membuat overlay virtual dalam bentuk terowongan terenkripsi ujung ke ujung, dengan manajer terpusat yang mengarahkan lalu lintas jaringan melalui rute paling efisien di seluruh WAN. Lalu lintas ini diprioritaskan oleh kebijakan bisnis untuk memberikan kualitas layanan (QoS) yang optimal.

Terowongan aman ini menghubungkan pengguna dan entitas secara langsung ke perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) dan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) berbasis cloud, mengurangi biaya infrastruktur baru, meningkatkan konektivitas dan pengalaman pengguna, dan memungkinkan permukaan serangan yang lebih kecil, memberikan keuntungan dibandingkan arsitektur WAN tradisional dan WAN hybrid.

baca: apa itu SD-WAN dan bagaimana cara kerjanya

Apa Itu MPLS?

MPLS (Multiprotocol Label Switching) adalah teknologi yang dapat diterapkan dalam lingkungan Wide Area Network (WAN) untuk meningkatkan efisiensi pengalihan data dan mengelola lalu lintas.

Cara Kerja MPLS

MPLS memungkinkan router bertindak seperti switch dengan memberikan lalu lintas jalur yang telah ditentukan berdasarkan label, bukan alamat IP. Dalam perutean IP tradisional, setiap router secara independen memutuskan hop berikutnya yang akan dikirimi lalu lintas. MPLS malah mengirimkan lalu lintas melalui jalur peralihan label (LSP) yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan cara ini, router hanya melihat label MPLS dan tidak perlu lagi memahami semua alamat IP lalu lintas.

Router MPLS memberi label pada data masuk dan keluar dan menggabungkan paket-paket dengan karakteristik serupa sehingga dapat dikirim ke LSP yang sama setelah diberi label yang sama. Bagi perusahaan, hal ini dapat mengurangi jenis lalu lintas pada lapisan jaringan secara signifikan, sehingga mengurangi latensi.

MPLS juga memungkinkan Anda mempartisi jaringan Anda menjadi beberapa jaringan pribadi logis dengan alamat IP yang tumpang tindih. Segmentasi jaringan memungkinkan penyedia layanan besar untuk membawa lalu lintas WAN terkelola untuk beberapa pelanggan perusahaan melalui jaringan yang sama.

Apakah SD-WAN dapat mengurangi penggunaan MPLS?

1. Pemanfaatan Koneksi Internet

SD-WAN memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan koneksi internet yang lebih terjangkau, seperti broadband, DSL, atau LTE, sebagai salah satu jalur koneksi utama. Dengan demikian, organisasi dapat mengurangi ketergantungan pada koneksi MPLS yang mungkin lebih mahal.

2. Fleksibilitas Penggunaan Koneksi:

SD-WAN memberikan fleksibilitas untuk menggunakan berbagai jenis koneksi, termasuk MPLS, koneksi internet, dan lainnya. Ini memungkinkan organisasi untuk mengoptimalkan biaya dan kinerja jaringan dengan memilih koneksi yang paling sesuai untuk kebutuhan spesifik.

3. Dynamic Path Selection:

SD-WAN dapat secara dinamis memilih jalur terbaik untuk mengirimkan data berdasarkan kondisi jaringan saat ini. Ini memungkinkan organisasi untuk menggunakan jalur yang paling efisien pada waktu tertentu.

4. Pemisahan Lalu Lintas

SD-WAN memungkinkan pemisahan lalu lintas berdasarkan prioritas dan kebutuhan aplikasi. Dengan memberikan prioritas yang lebih tinggi pada aplikasi kritis, organisasi dapat menggunakan jalur koneksi yang lebih ekonomis untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja yang lebih rendah.

5. Optimasi Penggunaan Sumber Daya:

SD-WAN dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya jaringan dengan memanfaatkan beberapa jalur koneksi secara cerdas. Hal ini dapat menghasilkan penggunaan bandwidth yang lebih efisien dan mengurangi biaya keseluruhan.

Penting untuk dicatat bahwa sementara SD-WAN dapat membantu mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi pengelolaan jaringan, keputusan untuk mengurangi penggunaan MPLS dengan SD-WAN sebaiknya didasarkan pada analisis kebutuhan bisnis spesifik, tingkat layanan yang diperlukan, dan kondisi jaringan yang dihadapi oleh Perusahaan . Pendekatan hybrid yang menggabungkan SD-WAN dengan MPLS juga dapat menjadi solusi yang optimal untuk beberapa organisasi.

Jadi apakah sekarang pemakaian MPLS di Perusahaan anda tinggi? Dan apakah anda merasa biaya MPLS membebani Perusahaan anda? Jika iya, mungkin ini saatnya anda menghubungi kami melalui WhatsApp ke 081280005969 atau juga bisa melalui email ke support@arismadata.com.

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *