Kebutuhan keamanan jaringan bagi perusahaan besar amatlah besar mengingat maraknya kejahatan siber yang mengintai dan siap masuk untuk mengakses data-data penting, yang dimiliki oleh perusahaan. Dibutuhkan Firewall untuk mencegah hal-hal buruk terjadi dalam jaringan perusahaan.

Baca: Apa itu Firewall? Apa itu penting?

Dalam prakteknya, firewall perlu dipilih sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan (baca: 5 macam firewall). Saat firewall sudah ditetapkan dan sudah di running di perusaahan, kadang kala ada beberapa pertimbangan dalam menentukan “kapan harus ganti firewall”.

Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti firewall Anda dalam beberapa situasi berikut:

  • Usia Perangkat: Seperti halnya perangkat keras komputer lainnya, firewall juga memiliki umur pakai. Jika firewall Anda sudah mencapai umur tertentu dan mulai menunjukkan tanda-tanda keausan atau kerentanan yang tidak dapat diperbaiki lagi, maka mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.
  • Kapasitas Tidak Cukup: Jika bisnis Anda berkembang dan kebutuhan jaringan Anda meningkat, firewall yang Anda miliki mungkin tidak lagi mampu menangani lalu lintas jaringan yang lebih besar. Dalam kasus seperti ini, Anda mungkin perlu mengganti firewall dengan model yang memiliki kapasitas yang lebih besar atau fitur-fitur tambahan yang diperlukan.
  • Perubahan Kebutuhan Keamanan: Jika ada perubahan dalam lingkungan keamanan atau regulasi yang mengharuskan Anda untuk meningkatkan tingkat perlindungan atau mengimplementasikan fitur-fitur keamanan baru yang tidak tersedia pada firewall Anda saat ini, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti firewall dengan yang sesuai.
  • Ketidakcocokan Teknologi: Teknologi keamanan terus berkembang, dan firewall yang lebih lama mungkin tidak lagi mampu mendeteksi atau mencegah ancaman baru yang muncul. Jika firewall Anda tidak lagi mendapatkan pembaruan atau dukungan dari vendor, maka ini bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu beralih ke solusi yang lebih modern.
  • Kinerja Buruk atau Kerentanan Keamanan: Jika firewall Anda sering mengalami gangguan atau rentan terhadap serangan keamanan, meskipun telah diupayakan perbaikan, itu mungkin menjadi indikasi bahwa perangkat tersebut sudah tidak dapat diandalkan lagi. Menggantinya dengan firewall yang lebih andal dan aman dapat meningkatkan keamanan dan kinerja jaringan Anda.

Dalam semua kasus tersebut, penting untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebutuhan jaringan Anda dan memilih firewall yang sesuai dengan kebutuhan keamanan, kinerja, dan anggaran Anda.

PT Arisma Data Setia sebagai Perusahaan IT System Integrator menyediakan Solusi penanganan firewall yang tepat untuk kebutuhan yang dibutuhkan Perusahaan, dimulai dengan berdiskusi, assessment, instalasi, konfigurasi, sampai kepada maintenance-nya. Hubungi kami lebih lanjut melalui WhatsApp ke 081280005969.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *