Setiap Firewall memiliki spesifikasi pekerjaan untuk mencegah potensi bencana. Seperti namanya, Firewall adalah partisi-partisi yang melindungi lalu lintas jaringan filter mereka untuk menentukan apa yang aman untuk jaringan internal sekaligus memblokir lalu lintas berbahaya. Firewall berevolusi untuk melayani tujuan yang berbeda. berikut adalah 5 jenis utama firewall

1. Packet-Filtering Firewall

Firewall ini beroperasi pada titik di mana perangkat seperti router dan switch bekerja. Mereka tidak merutekan paket, melainkan membandingkan setiap paket dengan serangkaian kriteria, seperti alamat IP yang diizinkan, jenis paket, nomor port, nomor paket, dan banyak lagi. paket yang tidak sesuai kriteria akan dibuang dan tidak diteruskan ke jaringan internal.

2. Circuit-Level Gateway

Firewall ini memonitor TCP dan pesan protokol jaringan lainnya saat dibuat dan menentukan apakah sesi yang dimulai adalah sah. dan jika sistem jarak jauh dapat dipercaya, firewall ini tidak memeriksa data sebenarnya.

3. Stateful Inspection Firewall

Firewall ini memeriksa setiap paket data, tetapi firewall ini juga melacak apakah paket tersebut merupakan bagian dari paket yang sudah ada atau tidak dalam sesi jaringan yang ditetapkan. ini menawarkan keamanan lebih dibandingkan pemfilteran paket atau pemantauan sirkuit, namun berdampak lebih besar pada kinerja jaringan.

4. Application-Level Gateway

Firewall ini memfilter paket menurut layanan yang dimaksudkan, serta karakteristik lainnya. seperti string permintaan HTTP, mereka sangat aman tetapi juga membebani kinerja jaringan.

5. Next Generation Firewall

Next Generation Firewall yang khas menggabungkan pemeriksaan paket, pemeriksaan stateful, beberapa variasi, pemeriksaan paket mendalam dan fitur sistem keamanan lainnya, seperti deteksi dan pencegahan intrusi, pemfilteran malaware, dan antivirus.

Memilih firewall terbaik tidak hanya dengan memahami berbagai jenis firewall tetapi juga memahami arsitektur dan fungsi jaringan Anda. Seperti apa konfigurasi firewall jaringan organisasi Anda? Diskusikan Solusi firewall Perusahaan anda dengan kami, PT Arisma Data Setia melalui WhatsApp ke 081280005969 atau email ke support@arismadata.com.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *