Beberapa dari kita pasti pernah mendengar SASE (baca: sasi) dalam dunia teknologi. Lalu, apa itu SASE? Jaringan? Keamanan? Atau keduanya? dan apa pentingnya di dalam dunia bisnis dan para pengguna?

Dalam dunia kerja lama, pengguna dan aplikasinya di pusatkan pada pengguna di kantor dan aplikasi di data fisik, dilengkapi dengan security hardware di lokasi. Dan semua lalu lintas internet mengalir melalui data center yang aman tersebut karena para karyawan membutuhkan aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Didalam dunia kerja baru, data dan aplikasi berada di data center dan cloud, dan tenaga kerja sekarang saat ini lebih tersebar dibandingkan sebelumnya. Hal ini memberikan tantangan bagi perusahaan untuk mengamankan pengguna dimanapun mereka bekerja.

Jaringan tradisional kini kesulitan menghadapi keadaan normal baru ini, kecepatan jaringan melambat karena semakin banyak pekerja jarak jauh yang terhubung ke data center melalui VPN dan kesenjangan keamanan semakin besar karena karyawan mengabaikan VPN sepenuhnya. Lagi pula, untuk apa menggunakan VPN Ketika Sebagian besar aplikasi anda berada di cloud?

SASE adalah pendekatan inovatif dalam arsitektur jaringan yang menggabungkan keamanan dan akses jaringan ke dalam satu solusi terintegrasi.

SASE menggabungkan keamanan dan akses jaringan dalam satu platform, menyediakan keamanan langsung dan akses jaringan dari cloud sehingga dapat memberikan perlindungan keamanan yang tepat untuk platform apapun, dimanapun orang bekerja.

SASE memberdayakan perusahaan untuk melihat, mengamankan, dan menghubungkan pengguna dari satu tempat. Hal ini memudahkan verifikasi pengguna dan perangkat sehingga pengguna dapat bekerja dari mana saja dan selalu memiliki akses ke sumber daya yang harus mereka miliki. SASE bahkan dapat menyederhanakan identifikasi, penyelidikan, dan penyelesaian masalah atau koneksi. Selain itu, dengan jaringan dan keamanan berbasis cloud, peningkatan atau penurunan skala menjadi mudah dan jauh lebih terjangkau.

SASE bukanlah pendekatan universal. Setiap perjalanan Perusahaan berbeda-beda, namun dimanapun anda berada, apapun pengaturan, atau tujuan bisnis anda saat ini, hubungi PT Arisma Data Setia untuk berdiskusi mengenai teknologi terkini khususnya Solusi SASE.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *