Salam untuk seluruh user SOLIDWORKS dimanapun berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tips pada SOLIDWORKS, khususnya yaitu Tips untuk menggunakaan fitur Combine dalam menghilangkan interferensi dalam sebuah multi-body part ataupun dalam pembuatan assembly.

Dalam kebanyakan kasus, user SOLIDWORKS terkadang masih bingung saat menggunakan fitur combine, terutama dalam pemilihan opsi yang tersedia didalam fitur Combine. Biasanya user akan mencoba satu per satu opsi, untuk melihat hasil part-nya, apakah sesuai dengan tujuan akhir atau tidak. Dan juga didalam assembly, saat melakukan perakitan, atau pembuatan part langsung didalam assembly, sering kali ada bagian yang mengalami interference satu sama lain. Salah satu opsi untuk memperbaiki kasus tersebut adalah bisa dengan menggunakan fitur combine pada edit part yang interference tersebut.

Identifikasi terlebih dahulu, apakah kasus interferensi ada dalam kategori seperti diatas.

Pada dasarnya, ada 3 pilihan dalam menggunakan fitur Combine, yaitu : Add, Substract, Common.

Combine “Add”

Dalam kasus terjadi interferensi antar 2 part Multibody atau dalam Assembly, rekan-rekan bisa mengedit salah satu part, lalu gunakan fitur Combine “Add” untuk menyatukan kedua part tersebut.

https://arismadata.com/solidworks/blog/wp-content/uploads/2020/04/multi-body-part-1.png

Combine “Substract”

Dalam kasus terjadi interferensi, apabila hasil akhir diinginkan ada potongan pada salah satu part, jadi tidak keduanya menyatu, maka bisa gunakan opsi “Substract”.

Combine “Common”

Dalam kasus terjadi interferensi, apabila target hasil desain akhir adalah ingin mengambil bagian yang mengalami interferensi dari ke-2 part, maka rekan-rekan bisa gunakan opsi “Common”.

https://arismadata.com/solidworks/blog/wp-content/uploads/2020/04/multi-body-part-1.png

 

Share

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks