Taukah anda?? Pada bawaan instalasi dari CAMWorks sudah disediakan beberapa default machine, dengan default standard tersebut kita sudah dapat melakukan pembuatan program NC secara normal.

custom camworks
Akan tetapi disini kita tidak bisa menyesuaikan ketika mesin yang kita punya tidak masuk spesifikasinya dengan default mesin bawaan dari CAMWorks karena pilihannya default mesin masih terbatas, sehingga akan terjadi kendala karena adanya ketidak sinkronan spesifikasi mesin yang kita miliki dengan spesifikasi mesin dari default machine bawaan program CAMWorks akan terlihat ketika akan menjalankan program CAM dimesin.
custom camworks
Apa sajakah faktor yang mempengaruhi :
1. Machine Duty : Faktor ini mengkategorikan mesin dari pembebanan pekerjaan permesinan yang dilakukan, termasuk di kategori manakah mesin yang kita miliki. (Light,Medium,Heavy)
2. Number Of Axis : Setiap mesin bisa digolongkan kedalam mesin yang memiliki berapa jumlah axis dilihat dari kebutuhan benda kerja yang di kerjakan pada mesin tersebut. Hal ini juga yang harus kita sesuaikan spesifikasi jumlah axis mesin yang kita punya pada pembuatan program CAM.
3. Max Feedrate : Masing-masing mesin dibuat sudah ditentukan berapa batas maksimal feederate yang bisa dijalankan oleh mesin dengan memperhitungkan safety faktornya. Maka dari itu hal ini akan berpengaruh diawal kita menetukan spesifikasi pada program CAM yang kita buat.
4. Max Spindle Speed : Selain feedrate ,faktor lain yang mempengaruhi ialah Spindle Speed (RPM). Disatu mesin sudah ditentukan dengan memasukan safety factornya berapa Max Spindle Speed yang mampu dijalankan. Tentunya faktor ini yang harus kita perhatikan juga ketika kita membuat program pada CAM.
Apabila salah satu dari faktor-faktor tersebut tidak masuk dalam spesifikasi antara mesin yang kita miliki dengan Default Machine bawaan dari CAMWorks maka kita wajib membuat Custom Default Machine baru.
Bagaimana cara membuat Custom Default Machine dalam CAMWorks, berikut step-step yang harus diikuti untuk membuat Custom Default Machine :
1. Masuk ke Technology Database pada CAMWorks
custom camworks 3
2. Berikut tampilan dalam Technology Database pada CAMWorks kita pilih yang mesin Mill.
custom camworks 4
3. Kemudian kita COPY salah satu dari default yang sudah ada.
custom camworks 5

4. Selanjutnya kita isikan masing-masing spesifikasi menyesuaikan dengan mesin yang kita miliki.
Contoh MAZAK VERTICLE NEXUS 430A
mesin cnc mazak
spesifikasi
spesifikasi 2
5. Apabila semua spesifikasi sudah kita lengkapi kemudian kita SAVE spesifikasi yang sudah kita tentukan. Maka pada daftar akan nada penambahan default yang sudah kita buat.
camworks spesifikasi
6. Selanjutnya kita cek pada settingan Define Machine pada CAMWorks, apabila Custom Default yang kita buat success maka pada daftar mesin akan tertampil penambahan Custom Default yang baru kita buat.
camworks spesifikasi 3

Pembuatan Custom Default Machine sudah selesai dan sudah dapat digunakan. Apabila nanti kita pilih Machine – Mazak maka nanti kita tidak perlu setting pada Tool Cribe,Post Prosessor,Posting,Setup,Rotary Axis,Tilt Axis yang ada di dalam settingan Define Machine, dengan demikian kita dapat menghemat beberapa step pada pembuatan program pada CAMWorks.

Demikian cara pembuatan Custom Default pada CAMWorks, semoga materi ini dapat membantu teman-teman.
Dan apabila ada petanyaan mengenai CAMWorks bisa langsung melalui alamat email Arisma Data Setia info.solidworks@arismadata.com atau bisa langsung menghubungi nomor telpon PT Arisma Data Setia
di (62)21 – 2961 9225.

Share

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks