kali ini kita akan membahas tentang salah satu feature di SOLIDWORKS Assembly, yakni Make Independent. Apa itu “Make Indepent”? apa fungsinya dalam pembuatan assembly? dan bagaimana cara menggunakannya?

Make Independent adalah feature dari SOLIDWORKS pada Aseembly yang berfungsi untuk membuat satu part yang sebelumnya sudah menjadi komponen assembly, kemudian dijadikan part baru yang tidak terhubung dengan part sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, kita dapat melihat caranya seperti dibawah ini ;

SOLIDWORKS Assembly

Pada gambar di atas, Part Round Cover Plate <3> merupakan part hasil copy dari Part Round Cover Plate <1> yang sudah dalam kompenen assembly, yang mana bila salah satu part kita lakukan pengeditan, maka kedua part tersebut akan berubah, biarpun untuk nama part hasil duplicat atau copy sudah kita rubah. Contohnya dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini;

SOLIDWORKS Assembly 2

Saat suppres dari part hasil duplicate dirubah maka part asli (komponen assembly) juga akan ikut berubah

Lantas bagaimana caranya, bila kita ingin membuat hasil duplicat salah satu part yang sudah menjadi komponen assembly, kemudian komponen hasil duplicat tersebut kita lakukan proses editing tanpa merubah komponen yang asli ? Jawabannya adalah Make Independent pada part hasil duplikat.

SOLIDWORKS Assembly 3

Seperti pada gambar di atas, cara mengaplikasikan Make Independent sangat mudah. Pertama, klik kanan pada komponen atau part hasil dari duplicate, kemudian pilih “Make Independent”. Secara otomatis link dari part sebelumya (komponen assembly) akan terputus atau tidak terhubung kembali, sehingga bila ada proses edit pada hasil duplicate part, tidak akan membuat part asli berubah.

SOLIDWORKS Assembly 4

Demikian pembahasan untuk feature Make Independent. Semoga info ini menambah pengetahuan kita tentang proses Assembly pada SOLIDWORKS

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks