Bisakah Teknik Drafting dapat meningkatkan performa Pembalap Sepeda?

drafting solidworksDrafting atau bias disebut Slipstreaming merupakan sebuah teknik dimana pengendara sepeda atau kendaraan bermotor sejajar membelakangi dalam sebuah grup pengendara. Teknik ini dapat mempercepat laju sepeda karena rendah nya gaya gesek (drag) pada pesepeda yang membelakangi grup pesepeda. Aliran angin pada pesepeda yang melakukan drafting akan terhalang oleh pesepeda didepan nya. Teknik ini mengambil keuntungan dari fenomena aerodinamika.

Computational Fluid Dynamics merupakan sebuah teknik perhitungan dalam Finite Element, salah satu fungsi nya adalah untuk mengetahui nilai drag pada sebuah benda yang terkena aliran fluida. Dengan SOLIDWORKS Flow Simulation kita dapat melakukan perhitungan nilai drag pada teknik Drafting.
Bukalah SOLIDOWORKS Flow Simulation dan mulailah dengan Wizard. Lalu ikutilah langkah-langkah pada Wizard. Semua pengaturan dibuat Default, kecuali pada External Flow Analysis. Fluid didefinisikan sebagai udara dan Velocity sebesar 30 miles/hour. Relative Velocity (kecepatan relative) pada analisis ini akan dipertimbangkan hanya pada kondisi static, juga dengan hambatan angin nya.

drafting solidworks 2

Pada gambar diatas merupakan pengaturan dasar (initial condition). Sementara itu parameter akan berlanjut seperti simulasi perpindahan sepeda atau putaran ban sepeda. Semuanya akan disimulasikan menggunakan opsi Real Wall pada Flow Simulation.

drafting solidworks 3

Selanjutnya mendefinisikan goal apa saja yang akan dianalisis. Sekiranya yang relevan untuk analisis drafting karena akan ada banyak scenario yang dapat dikerjakan SOLIDWORKS Flow Simulation. Kita akan konsentrasikan pada gaya gesek yang menuju ke pesepeda.

drafting solidworks 4

Lalu klik Run, buatlah secangkir kopi dan rileks sejenak sambil menunggu hasil analisis.

Inilah hasil nya…..

Untuk sebuah sepeda, kontur kecepatan nya akan terlihat seperti ini,

solidqworks simulation drafting

Nilai yang paling penting adalah ketika kita melihat output gaya gesek (Force) sebesar 2.1 lbf. Hasil nya masih kurang masuk akal, lalu apa yang akan terjadi jika kita menempatkan dua sepeda.

Langka simulasi sama seperti sebelumnya….

drafting solidworks 6

Dan inilah, gaya gesek tidak hanya berkurang pada pesepeda yang melaukan drafting, tetapi peseepda didepan nya juga mengalami pengurangan gaya gesek.

Jadi kesimpulannya drafting sangat membantu pada arena balap sepeda. Dimana aliran angin berkurang sangat signifikan searah dengan gaya gesek nya. Tidak hanya sang drafter yang meningkat performa nya tetapi hampir satu grup pesepeda akan merasakan nya juga.

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks