kali ini saya akan membahas Keybord Shortcuts dan Mouse Gesture pada solidworks 2018.

Penggunaan tool dan fitur SOLIDWORKS dari CommandManager merupakan metode yang sangat efisien untuk membuat model 3D. Namun, banyak pengguna lebih memilih untuk memanfaatkan berbagai cara pintas dan kebiasaan melalui hotkeys atau menu konteks untuk alur kerja yang lebih cepat. Artikel ini membahas banyak cara pintas keyboard default yang paling berdampak pada SOLIDWORKS, dan menjelaskan bagaimana menyesuaikannya untuk menghemat waktu maksimal.

Saat menggunakan SOLIDWORKS, semua shortcut keyboard standar Microsoft tersedia. Seperti yang diharapkan, CTRL-O dapat digunakan untuk membuka dokumen, CTRL-S akan menyimpan dokumen saat ini, dan CTRL-Z akan membatalkan tindakan terbaru. Namun, banyak shortcut keyboard khusus SOLIDWORKS lainnya yang bisa membuat perintah point-and-click yang berpotensi membosankan.

Beberapa cara pintas yang lebih populer termasuk menggunakan spasi untuk menampilkan menu Orientation, yang menyediakan akses ke banyak tampilan standar, serta tampilan khusus yang telah disimpan. Menekan tombol R akan menampilkan daftar dokumen terbaru, dan dokumen tertentu bahkan dapat disematkan ke daftar secara permanen. Jalan pintas bagus lainnya adalah CTRL-B, yang secara otomatis akan membangun kembali model Anda. Tabel beberapa shortcut keyboard SOLIDWORKS yang paling populer telah disediakan di bawah ini:

solidworks command 1

Salah satu cara pintas keyboard yang sangat populer adalah tombol S. Ini membuka menu shortcut konteks-sensitif untuk akses cepat ke perintah favorit Anda. Karena menu konteks-sensitif, menu yang berbeda akan ditampilkan tergantung pada bagian apa kita bekerja, misal pada perakitan, menggambar, atau pembuatan  sketsa. Contoh pada menu di bawah ini:

solidworks command 2

Alat yang ditemukan di menu ini dapat disesuaikan dengan mengklik kanan pada menu setelah diaktifkan dan memilih Customize, atau hanya dengan mengklik pilihan dropdown dan memilih Customize. Dialog yang dihasilkan ditunjukkan di bawah ini, dan beberapa tab tersedia untuk kustomisasi.

solidworks command 3

Tab Keyboard, yang ditunjukkan di atas, dapat digunakan untuk memodifikasi cara pintas yang ada atau membuat perintah kustom untuk perintah SOLIDWORKS. Cukup klik di sel Shortcut (s) untuk perintah dan ketik pintasan keyboard untuk menerapkannya. Beberapa hotkeys bisa ditambahkan jika diinginkan.

Tab Bar Papan Pintas dapat digunakan untuk mengubah cara pintas yang tersedia di menu jalan pintas S kunci. Perintah dapat di drag and drop sesuai kebutuhan.

Selain itu, mouse gesture adalah cara lain untuk mengoptimalkan alur kerja. Mirip dengan bar pintas, gerakan mouse dapat disesuaikan dengan cara drag and drop. Untuk mengaktifkan gerakan mouse, cukup tahan tombol mouse sebelah kanan dan seret kursor ke arah perintah yang diinginkan. Menu penyesuaian untuk gerakan mouse ditunjukkan di bawah ini:

solidworks command 4
solidworks 2017

Kini solidworks 2018 menampilkan lebih banyak pilihan pada mouse gesture, dapat di lihat pada menu dibawah ini :

solidworks command 5

Cara pintas ini adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan alur kerja Anda, memastikan bahwa desain dibuat seefisien dan seefektif mungkin.

Demikian Weekly Tips kali ini. Semoga dapat dapat membatu dan mempercepat pekerjaan user solidworks, apabila ada yang ditanyakan dapat disampaikan melalui email berikut :

solidworks-support@arismadata.com

Share

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks