Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang “Empat Versi SOLIDWORKS Electrical”. Pada pertengahan tahun 2016, SOLIDWORKS mengeluarkan versi baru dari SOLIDWORKS Electrical, yaitu SOLIDWORKS Electrical Schematic Profesional. Jadi, apa perbedaan SOLIDWORKS Electrical Schematic Standard dan SOLIDWORKS Electrical Schematic Profesional (SchePro) ? Mari kita bahas satu persatu.

  1. SOLIDWORKS Electrical Schematic Standard

    Gambar 1. Contoh lembar kerja Schematic pada SW Electrical

    tutorial solidworks electrical 1
    SOLIDWORKS Electrical Schematic Standard memuat lembar kerja Schematic, yang mana lembar kerja ini merupakan rangkai kendali atau rangkaian kontrol dari suatu rangkaian electrical. Dengan demikian seorang engineering electrical dapat lebih mudah menggambar atau mendesign rangkaian electrical dengan mudah dana cepat.

    Kemudian, dalam SOLIDWORKS Electrical juga ada Line Diagram Wiring.Tampilannya dapat dilihat di bawah ini,

    tutorial solidworks electrical 2

    Lantas, apa bedanya Wiring Line diagram dan Schematic ? bukankah keduanya sama-sama memuat rangkaian electrical yang kita design ? jawabannya, rangkaian schematic cendrung dapat dikelompokkan menjadi beberapa rangkaian seperti rangkaian power(rangkaian menuju beban) dan rangkaian kontrol/pengendali (pengendali beban), sementara wiring line diagram memuat seluruh rangkaian yang kita buat dalam singel line (yang tadinya ada tiga wire, diajadikan satu).

  2. SOLIDWORKS Electrical Schematic Professional
    Nah, ini dia, si versi baru dari SOLIDWORKS Electrical. Tidak banyak perbedaan antara SOLIDWORKS Electrical Schematic Standard dan Schematic Professional. Namun, perbedaan yang mencolok adalah adanya sistem input dan output PLC (Programmable Logic Controller) pada Schematic Professional. Hanya dengan menentukan manufacturer yang akan kita gunakan dalam rangkaian electrical, secara otomatis input dan output akan muncul tanpa harus membuatnya secara manual.

    tutorial solidworks electrical 3

    Bila kita hanya menggunakan Schematic Standard, kita harus membuat input dan output PLC secara manual beserta dengan keterangan manufacturernya.

  3. SOLIDWORKS Electrical 3D

    Versi SOLIDWORKS Electrical ini, menampilkan tampilan 3D dari rangkaian electrical yang telah kita rangkai. SOLIDWORKS Electrical 3D menjembatani antara Mechanical dengan Electrical. Dari tampilan simbol electrical pada Schematic, pada solidwrorks Electrical 3D simbol-simbol tersebut diubah dalam bentuk 3D, sehingga mudah dimengerti oleh Mechanical.

    tutorial solidworks electrical 4

  4. SOLIDWORKS Electrical Professional
    Pada versi SOLIDWORKS Electrical Proffesional, antara SOLIDWORKS Electrical dan SOLIDWORKS Mechanical akan saling berkolaborasi. SOLIDWORKS Electrical akan menjadi sistem add-in. SOLIDWORKS Mechanical akan membuat bentukkan 3D dari rangkaian electrical yang kita buat pada Schematic di SOLIDWORKS Electrical. Bila terjadi perubahan pada SOLIDWORKS Electrical, maka pada SOLIDWORKS Mechanical juga akan berubah, begitu juga sebaliknya.
    tutorial solidworks electrical 5

    Pada SOLIDWORKS Elctrical Professional, kita juga dapat melihat panjang kabel yang telah kita design. Pada SOLIDWORKS Electrcal Schematic Standard maupun Schematic Professional, ini tidak dapat dilakukan, karena tidak tampak routing cable ke komponen yang di desin secara 3D.

    Demikian untuk artikel SOLIDWORKS Electrical kali ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang SOLIDWORKS Electrical.

    Terus semangat dan terus belajar SOLIDWORKS !!! jika ada pertanyaan terkait dengan SOLIDWORKS Electrical bisa segera menghubungi kami disini : (021) 25681188

    Monika Cary (technical)
    PT Arisma Data Setia (Reseller SOLIDWORKS Indonesia)

Share

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks