Salam hangat bagi para SolidWorks Electrical user, karena pada hari ini kita akan membahas tentang SolidWorks Electrical, nah apa sih yang akan kita bahas pada sesi ini?? Pada sesi ini kita akan coba membahas tentang Bill Of Material (BOM) ada apa dengan BOM?? Pasti anda semua sudah tahu bahwa dengan SolidWorks Electrical kita bisa mendapatkan report BOM secara otomatis bukan!! Saya mau coba flashback dulu bagaimana caranya kita mengeluarkan atau istilahnya “generate” BOM secara otomatis lihat gambar dibawah ya..

bom

Hanya dengan step – step diatas kita bisa mendapatkan BOM secara otomatis lalu bagaimana bila kita mau mengcustom kolom – kolom pada BOM yang sudah kita buat??

Nah pada sesi kali ini kita akan membahas hal tersebut, lets check it out for more information about this topic..
jadi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pada SolidWorks Electrical ketika anda mau mengcustom BOM anda mari ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk lebih jelasnya

Step 1.
Caranya hampir sama seperti kita ingin mengeluarkan BOM tetapi perbedaannya pada poin 3 dan 4 karena pada poin tersebutlah kita akan mengcustom BOM tepatnya properties dari BOM tersebut..

bom2

Step 2.

bom3

Nah pada tab inilah kita bisa memodifikasi BOM mulai dari gaya tulisan, layout dll, yang akan kita bahas adalah pada bagian Columns karena pada bagian ini kita bisa mengedit posisi table ataupun menambahkan atau mengurangi hal – hal yang akan hilang atau muncul pada BOM

Step 3.
Berikut adalah contoh proses untuk menghilangkan atau memunculkan informasi pada BOM

bom4

Pada option Column configuration ini lah kita dapat memunculkan atau menghilangkan informasi pada kolom – kolom BOM yang nanti akan kita “generate” secara otomatis gambar dibawah akan menunjukan perbandingan antara BOM yang ada informasi tentang marking komponen dan juga BOM yang tidak ada informasi tentang marking komponen didalamnya

Berikut adalah hasil dari “Mark” pada opsi Column configuration setelah di uncheck

Tidak ada marking

bom5

Ada marking

bom6

Dengan sedikit “ngoprek” atau istilahnya mengulik lebih dalam tentang customization BOM maka anda akan bisa mengcustom BOM pada SolidWorks Electrical menjadi sesuai dengan BOM sesuai dengan standard pada perusahaan anda.

 

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks