Hi sobat SolidWorks User Indonesia, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja. Untuk kesempatan kali ini Tutorial SolidWorks akan membahas tentang surface modeling.  Ada satu kasus pada part surface yang telah kita buat atau hasil open file, ternyata tidak bisa kita buat ketebalannya.  Bila kita tahu bahwa pada part surface bila ingin diberiketebalannya, kita dapat menggunakan fitur Thicken, tetapi pada kasus ini saat memilih Thicken ternyata tidak bisa terbuat ketebalannya.

Nha…untuk kali ini Tutorial SolidWorks akan memberikan tips n tricks untuk membuat ketebalan pada part surface tersebut menggunakan Extruded Surface. Berikut cara – cara yang bisa anda lakukan :

  1. Misalkan part surface yang ingin dibuat ketebalannya seperti dibawah ini. Pertama pilih Extruded Surface sebagai langkah awal membuat ketebalannnya

  2. Setelah pilih Extruded Surface, lalu pilih face pada part yang berbentuk melengkung atau tidak rata.
  3. Selanjutnya pilih semua face yang ada pada part,  kemudian pada Direction of Extrusion pilih Front Plane untuk arah extrusi-nya. Misalkan beri ketebalannya 1 mm,  setelah itu checklist cap end supaya hasil extrusi-nya menjadi tertutup.

  4. Setelah Extruded Surface kemudian pilih Knit Surface untuk menggabungkan beberapa face yang masih terpisah. Saat Knit Surface, pada try to form solid silahkan anda checklist,  supaya pada part tersebut akan sekaligus menjadi part solid.

    Maka dari langkah – langkah diatas, hasilnya part tersebut sudah memiliki ketebalan. Cara – cara tersebut dapat anda lakukan bila suatu saat anda menemui kasus yang sama seperti ilustrasi diatas.

    Semoga tips n tricks kali ini bermanfaat bagi SolidWorks User Indonesia semua.  Sampai bertemu lagi di Tutorial SolidWorks selanjutnya. . . . .

    God Bless. .

    Yohanes – Technical Support SolidWorks

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks