Author : Nugroho

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit share ilmu mengenai penggunaan feature ScanTo3D. Saat ini sudah banyak sekali merk maupun jenis dari alat Scanner 3D yang dijual dipasaran, nah fungsi dari feature ScanTo3D ini adalah untuk membaca sekaligus mengolah hasil scaan dari alat scan3D tersebut menjadi Surface maupun Solid modelling di dalam SolidWorks. Untuk lebih jelasnya mengenai feature ini, saya sedikit sampaikan penjelasannya dibawah ini.

Scand to 3D adalah modul (Add-In) didalam solidworks Premium yang memungkinkan kita dalam membaca secara langsung data dari alat scand3D ke dalam SolidWorks dan juga memodifikasi file dari alat scand 3D tersebut menjadi bentuk surface dan juga solid model.

image004

Benefit dari penggunaan Scand3D yakni kita dapat mengurangi waktu yang kita gunakan dalam mendesain sebuah model dengan tingkat kerumitan yang tinggi, dikarenakan kita tinggal melakukan proses scand dari model yang telah kita buat kemudian akan dilakukan proses lanjutan didalam SolidWorks untuk memaca hasil scand tersebut menjadi surface atau solid part. Metode pemrosesan data ada beberapa cara diantaranya seperti yang ada didalam diagram.

Untuk lebih jelasnya dari penggunaan feature ScandTo3D bisa dilihat pada video di link http://www.youtube.com/watch?v=ORlzGi1t3_I&feature=youtu.be

 

Demikian “Solidworks Tips & Tricks” kali ini, semoga bermanfaat. baca juga Conic – featured terbaru solidworks 2013

Warm Regards,

Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia
(Reseller Solidworks)

Share

Categories:

2 Responses

  1. @ Pak Jaka
    Kalau menurut saya, tingkat keakurasiannya berdasarkan dari mesin scanner yang digunakan, semakin akurat mesinnya, maka hasilnyapun mengikuti :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks