Ditulis oleh : Saiful A.

Ketika kita dihadapkan pada suatu hasil parts yang kita download, ternyata tidak sempurna, yaa mungkin yang upload terburu-buru atau mungkin perbedaan dari ekstensi file tersebut. Dan pada SolidWorks pun terdapat suatu feature yang cukup nyaman kita gunakan untuk mengutak-atik suatu parts 3D, yaitu SURFACE.

1

Yang pertama, kita bisa hapus bidang surface yang tidak sempurna tersebut, pastinya dengan menggunakan Delete Face pada command manajer surface, karena kalau kita klik kanan delete akan hilang semua surface dari part tersebut.

Delete Face ini menyisakan suatu bidang terbuka, dan kita mesti menutup bidang tersebut. Kita coba menggunakan feature Lofted Surface. Kita bisa pilih Edge dari kedua lingkaran yang berseberangan, untuk kita isi pada Profile Loft Surface. Dan ternyata bidang surface yang dihasilkan masih kaku atau menyudut. Untuk merubahnya bisa kita atur pada Start/End Constraint, yaitu kita pilih yang Tangency to face, dan kita isi nominal pada Start/End Tangent Length. Dan surface yang dihasilkan pun bisa lebih smooth, karena bidang surfacenya mengikuti dari bidang lingkaran yang dijadikan profile tadi.

2

Setelah kita menutup bidang surface yang terbuka tadi, pada Feature Manajer Design Tree, pada folder Surface Bodies menandakan ada 2 bidang surface. Yang artinya kita mesti menyatukan kedua surface tersebut. Kita bisa menggunakan feature Knit Surface, yang lambangnya seperti resleting (karena memang kalo bahasa kasarnya dari Knit Surface ini yaitu menjahit surface). Dan salah satu fungsi dari knit surface ini yaitu, kita bisa sekaligus menggabungkan beberapa bidang surface sekaligus merubah dari 3D surface menjadi satu part solid body (pejal). Hal ini dengan catatan, bahwa surface yang kita satukan sudah menutup rapat dari rongga2 di dalamnya, dan tidak ada bidang surface yang bertabrakan/menumpuk.

Hasil dari Knit surface yang sudah menjadi solid body, bisa kita lihat pada Feature Manajer Design Tree pada folder Solid Bodies. Yang tadinya terdapat 2 Surface Bodies, sekarang menjadi 1 Solid Bodies.

Setelah jadi 1 solid bodi, ternyata part yang kita inginkan tidak seperti ini. Misalkan kita menginginkan elbow dengan bidang lurusnya sama panjang.

Langkah pertama kita bisa menggunakan feature offset surface. Kita offset pada surface yang di ujung, dan kita berikan nominal 0. Pada Offset surface ini, ketika kita masukkan nominal 0, maka fungsi dari Offset surface akan berubah menjadi copy surface, yaitu terdapat bidang surface yang sama pada lokasi yang sama. Dan hasil dari offset surface ini yang nanti akan kita jadikan surface untuk memotong dari sisi lurus elbow yang panjang. Maka, kita perlu memperbesar dari surface ini, yaitu kita bisa menggunakan feature Untrim Surface. Dimana fungsi dari Untrim Surface ini yaitu untuk mengembalikan bidang surface, seperti sediakala seperti sebelum bidang surface ini belum di Trim atau di potong.

3

 

 

setelah kita mendapatkan bidang surface yang lebih besar, kita offset lagi bidang surface ini dengan nominal sesuai yang kita inginkan. Karena kita menginginkan part elbow dengan bidang lurus yang sama panjang, kita bisa mengkalkulasikan dengan bidang lurus pada elbow yang pendek, untuk mendapatkan hasil angka yang akan kita isikan pada nominal offset surface. Untuk menghitung jarak bidang lurus dari elbow bisa gunakan feature Measure pada Command Manajer Evaluate.

Setelah offset surface sesuai perhitungan yang kita inginkan, langkah selanjutnya kita akan memotong solid bodies ini dengan kedua surface hasil offset tadi. Dalam hal ini kita bisa menggunakan feature Split (toolbar Insert à feature à Split). Dimana fungsi dari split ini yaitu membagi menjadi beberapa bagian solid bodies dengan menggunakan bidang surface. Pada property manajer Split, pada kolom Trim tool kita isikan kedua bidang surface tadi, setelah itu kita klik cut part. Dan hasilnya adalah 3 Solid Bodies.

4

5

Nah, untuk solid bodies yang tidak kita perlukan bisa kita hapus dengan menggunakan Delete Bodies (toolbar Insert à feature à Delete Bodies). Karena kalau kita klik kanan delete, pastinya akan mendapatkan hasil yang berbeda (silahkan dicoba). Dan hasilnya sekarang adalah 2 solid bodies, dimana terdapat gap atau jarak dari kedua solid bodies tersebut. Kita bisa menggunakan feature Move/Copy (toolbar Insert à feature àMove/Copy). Pada Property manajer Move/Copy n terdapat 2 pilihan, dan yang kita pilih yaitu translate, yang artinya kita akan menggeser dari solid bodies yang bawah, agar menempel pada bagian atasnya.

Setelah kedua solid bodies menempel, disini masih terdapat 2 solid bodies, dan kita akan menyatukan kedua solid bodies tersebut. Dan feature yang terakhir kita gunakan yaitu Combine (toolbar Insert à feature à Combine). Dimana salah satu fungsi dari feature ini yaitu untuk menggabungkan beberapa solid bodies menjadi 1 solid bodies, yang salah satu syaratnya yaitu tidak boleh ada gap atau jarak diantara solid bodies tersebut. Dan Surface yang kita gunakan untuk memotong tadi bisa kita Hide.

Hasil akhirnya, part yang kita inginkan pun sudah menjadi kenyataan. Selamat mencoba. jangan lupa baca tutorial solidworks yang lainnya ya 😛

6

“PT. ADS sebagai Authorized Reseller SolidWorks memberikan training SolidWorks untuk setiap customer dalam rangka after sales support”

Share

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks