Well….pada edisi Training SolidWorks Online ( TSO ) kali ini….kita bahas fitur baru di SolidWorks 2012 Feature Freeze…. Mungkin ada yg bertanya apa sih mas latar belakang dari fitur ini…???? SolidWorks itu software yg berbasis “historical base”…artinya semua langkah demi langkah dalam pembuatan suatu object 3D akan ada record nya yg berupa Feature Tree…. Seringkali antar geometri ( sketch misalnya ) atau antar fitur saling terkait…..Apa konsekuensinya….??? ketika ada peng-editan suatu sketch misalnya…maka fitur lain atau geometri lain yg saling terkait juga otomatis harus terkana imbas update ini….Konsekuensinya….file akan lebih berat dan adanya update terkadang sangat mengganggu… ( terutama bisa file berupa surface dgn feature tree lebih dari 20 red. ).

Sebagai solusinya….SolidWorks 2012 hadir dgn Feature Freeze…fungsinya pengguna SolidWorks dapat membatasi fitur yg ingin “dibekukan” aka tidak terkena dampak update…..Bagaimana mengaktifkan fitur ini…..??? Cukup mudah…., lihat gambar di bawah ini…

2011-12-24_1217_002

Cara penggunaaan feature freeze cukup dengan menggeser “feature freeze line” mirip seperti kita rollback di feature tree nya SolidWorks….Untuk mengetahui seberapa efek dari penggunaan fitur ini…mari kita lihat contoh di bawah ini….kita akan menggunakan “rebuild” untuk mengetahui perbedaan dengan dan tanpa feature freeze….

Kondisi berikutnya pada saat Feature Freeze digunakan…..

Jika diperhatikan, perbedaan cukup besar ada pada rebuild time… ( klik gambar untuk memperbesar – red. ) 124.75 detik : 2.81 detik…. Last…., fitur ini akan kerasa sekali manfaatnya untuk pengguna SolidWorks yg sering membuat model surface komplex…. Sudah menggunakan fitur ini….? Monggo dishare pengalamanya….!!!!

 

“PT. ADS sebagai Authorized Reseller SolidWorks memberikan training SolidWorks untuk setiap customer dalam rangka after sales support”

Share

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks